Jumat, 09 November 2012

Jenis-Jenis Paragraph

Generalisasi :
Pemerintah telah menjadikan Pulau Komodo sebagai habitat pelestarian komodo. Di Ujung Kulon, pemerintah mebuat cagar alam untuk pelestarian badak bercula satu. Selain itu, sejumlah Undang-Undang dibuat untuk melindungi hewan langka dari incaran pemburu. Banyak cara yang telah dilakukan pemerintah untuk melestarikan hewan-hewan langka. 

Analogi : Ketika manusia itu meraih kebesaran, kepandaian, dan kekayaan, sifatnya akan menjadi rendah hati dan dermawan. Begitu pula dengan padi yang berisi, ia akan semakin menunduk. Lalu saat manusia tidak memiliki ilmu, ia akan sombong seperti pepatah tong kosong nyaring bunyinya. Sedangkan padi, apabila padi itu kosong, ia akan berdiri tegak. Memang sifat manusia itu ibarat padi. 

Sebab Akibat : Di kota-kota besar seperti Jakarta yang tidak memiliki transportasi publik yang baik dan tidak memadai serta luasnya jalan yang tidak seimbang dengan jumlah penduduk jakarta, ditambah dengan banyaknya angkutan umum yang menaikkan dan menurunkan penumpang sembarangan, oleh karenanya kemacetan seringkali terjadi di Jakarta

0 komentar:

Posting Komentar