Minggu, 08 April 2012

BPK Bangun Sistem Pengawas Kecurangan

Nama : Lihan Nurbika
Kelas : 2eb20
NPM : 24210023


Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) saat ini tengah membangun sebuah sistem audit yang disebut fraud control system (sistem pengawas kecurangan), untuk mencegah terjadi korupsi dan penyimpangan dari sebuah kebijakan umum. Contoh proyek ini pada tahap pertama akan diterapkan di Kantor Perwakilan BPK Jawa Barat.

"Sistem ini untuk menguji kebijakan publik yang diambil pemerintah atau pejabat, apakah kebijakan itu berpotensi adanya penyimpangan atau kecurangan atau bahkan berpeluang terjadi korupsi. Kita harapkan dengan system ini, upaya kita mengurangi korupsi yang marak di negeri ini bisa berkurang dengan kebijakan public yang baik, transparan dan akuntabel," ujar Ketua BPK Hadi Purnomo saat dihubungi Kompas, Sabtu (17/3/2012) di Jakarta.

Menurut Hadi, system ini masih dikerjakan di Bagian Penelitian dan Pengembangan (Litbang) BPK.

"Sesegera mungkin, sstem ini akan selesai dan diharapkan agar bisa dijalankan. Tunggu saja tanggal mainnya," tambah Hadi.

Hadi menyebutkan, pengerjaan konsep dan sistem ini sudah dilihat oleh Ketua BPK dari Filipina dan United States Agency for International Development USAID (Badan Bantuan Pembangunan Internasional Amerika) beberapa waktu lalu.

penyelesaian :

- percepat pengerjaan sistem pengawas kecurangan
- tingkatkan moral para pemegang kekuasaan sehingga dapat mencegah tindak korupsi tanpa harus kehadiran sistem ini


http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2012/03/17/16113478/BPK.Bangun.Sistem.Pengawas.Kecurangan

0 komentar:

Posting Komentar